Senin, 01 April 2013

Mengatasi Gejala Siklus Menstruasi Pada Pendarahan



Catat setiap bulan saat mengalami haid, tandai setiap bulan dan tanggal menstruasi. Bila siklus teratur, jadi bisa diperkirakan saat akan terjadinya menstruasi berikutnya.
Adanya pencatatan, bisa digunakan untuk mengetahui pola gejala pramentruasi. Dengan catatan ini, bisa disimpan untuk bisa mengetahui tanggal yang jadi, dalam hal bila ada gejala pramenstruasi
Kesehatan tubuh juga bisa mempengaruhi, perubahan bulanan menstruasi. Dengan  berolahraga, makan makanan yang sehat, membatasi alkohol dan kafein asupan, dan mengurangi stres. Nonprescription penghilang rasa sakit juga dapat membantu mengurangi beberapa gejala.

Obat nyeri haid pada perdarahan
Cobalah obat nonprescription untuk membantu meringankan rasa sakit dan pendarahan. Mulai mengambil dosis yang dianjurkan pereda nyeri ketika gejala mulai atau 1 hari sebelum periode menstruasi  dimulai. Jika  mencoba untuk menjadi hamil, rundingkandengan dokter  sebelum menggunakan obat apapun.
Obat anti-inflammatory drugs (NSAID), seperti ibuprofen (misalnya, Advil), mengurangi kram menstruasi, nyeri, dan perdarahan dengan menurunkan tingkat hormon prostaglandin. 6, 7
Jika NSAID tidak mengurangi rasa sakit, cobalah asetaminofen, seperti Tylenol.
jika  mengunakan obat,Minum obat selama gejala biasanya akan bertahan.
Pastikan untuk mengikuti semua  pentunjuk yang dianjurkan. Jangan mengambil aspirin jika  usai lebih muda dari 20 karena risiko sindrom Reye.

 Cara  meredakan kram menstruasi
  • Hangatkan bagian perut  untuk  itu pakailah  dengan bantal pemanas atau botol air panas, atau mandi air hangat. Panas menlancarkan  aliran darah dan dapat menurunkan nyeri panggul.
  • Berbaring dan mengangkat kaki  dengan menaruh bantal di bawah lutut.
  • Berbaringlah  miring kesisidan membawa lutut  ke arah dada. Ini akan membantu mengurangi tekanan balik.
  • Melakukan  olahraga teratur.  Agar peredaran dan  aliran darah  lancar,  bisa mengurangi  nyeri  membuat endorfin, dan  mengurangi rasa sakit.
Bila mengalami sakit pada vagina dan kram, coba gunakan pantyliner natesh.
Perawatan perdarahan menstruasi
Berbagai pilihan pantyliner dan pembalut herbal untuk perawatan perdarahan menstruasi. Ikuti semua petunjuk yang disertakan dengan produk pilihan Anda.
Pembalut berkisar dari kecil ke besar, untuk  yang bisa tembus dan kuat  menyerap.  Menempatkan pembalut dalam vaginanya dengan menggunakan tabung ramping (yang dikemas dengan pembalut) atau dengan menyelipkan dalam dengan jari. Pastikan untuk mengganti pembalut setiap 4 sampai 6 jam. Ini membantu mencegah kebocoran serta infeksi.
Pads berkisar dari tipis dan ringan dengan tebal dan superabsorben.  Berguna  agar tidak tembus pada pakaian, dengan atau tanpa menggunakan pembalut. Pads mungkin menjadi pilihan terbaik  untuk penggunaan di malam hari.
Apapun yang  digunakan, pastikan untuk mengubah secara teratur. Pembalut yang ideal untuk kegiatan yang bantalan tidak praktis untuk, seperti renang. Pembalut harus diganti setiap 4 sampai 6 jam, sehingga  tidak disarankan untuk digunakan malam hari. Mungkin diperlukan beberapa percobaan untuk menemukan produk perawatan yang tepat feminin.

Kram saat Siklus Menstruasi
Kebanyakan wanita mengalami kram yang menyakitkan  pada hari pertama saat darah haid. Untuk meredakan gunakan obat pereda nyeri yang dianjurkan.Istirahat dirumah untuk selama  ada gejala kram. Obat  nyeri mudah untuk  perawatan dirumah meredakan kram  perut.

 Gejala  Kram Menstruasi  
Kebanyakan wanita mengalami kram menstruasi yang menyakitkan (dismenore) dari waktu ke waktu. Kejang-kejang menstruasi adalah salah satu alasan paling umum bagi perempuan untuk mencari bantuan medis. Rasa sakit akibat kram menstruasi  berkisar dari ringan sampai berat dan  melibatkan perut bagian bawah, punggung, atau paha. Anda mungkin juga sakit kepala, mual, pusing atau pingsan, atau diare atau sembelit..
Selama siklus menstruasi, dinding rahim menghasilkan hormon yang disebut prostaglandin. Hormon ini menyebabkan rahim berkontraksi, sering menyakitkan. Wanita dengan kram parah dapat menghasilkan jumlah yang lebih tinggi dari normal prostaglandin, atau mereka mungkin lebih sensitif terhadap dampaknya.
Kram adalah umum selama masih remaja, ketika seorang wanita pertama dimulai mengalami haid. Primer Dismenore adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kram menstruasi yang menyakitkan tanpa penyebab fisik yang diketahui. Hal ini terlihat paling sering pada wanita antara usia 20 dan 24. Ini biasanya hilang setelah 1 sampai 2 tahun, ketika keseimbangan hormon terjadi.
Dismenore sekunder adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kram menstruasi menyakitkan disebabkan oleh masalah fisik lainnya daripada menstruasi. Masalah fisik yang dapat menyebabkan jenis kram meliputi:
Kondisi A dalam mana sel-sel bahwa tampilan dan bertindak seperti sel-sel pada lapisan rahim (endometrium) ditemukan di bagian lain dari rongga perut ( endometriosis ) atau tumbuh ke dalam jaringan berotot dari dinding rahim ( adenomiosis ). Nyeri biasanya terjadi 1 sampai 2 hari sebelum perdarahan menstruasi dimulai dan berlanjut sampai periode.
Pertumbuhan yang tidak kanker (pertumbuhan jinak) di panggul, seperti kista ovarium, serviks atau uterus polip, atau fibroid.
Panggul infeksi. Risiko untuk terkena infeksi lebih tinggi setelah pendarahan menstruasi mulai karena pembukaan ke rahim (serviks kanal) melebar saat menstruasi. Tapi infeksi panggul, terutama yang disebabkan oleh penyakit menular seksual, dapat terjadi setiap saat.
Menggunakan alat kontrasepsi (IUD). AKDR  menyebabkan kram meningkat selama periode  untuk beberapa bulan pertama penggunaan. Jika kram menstruasi terus-menerus atau semakin memburuk,  mungkin perlu mempertimbangkan memakai  IUD dilepas dan memilih lain metode pengendalian kelahiran.

Masalah kehamilan
Struktural masalah yang hadir pada saat lahir (bawaan), seperti penyempitan bagian bawah rahim yang terbuka ke dalam vaginanya (leher rahim).
Menstruasi tipe kram dapat terjadi setelah prosedur medis, seperti kauter, cryotherapy, conization, radiasi, biopsi endometrium, atau pemasangan AKDR.
Gejala menstruasi lain, seperti kenaikan berat badan, sakit kepala, dan ketegangan, yang terjadi sebelum haid dimulai, dapat disebabkan oleh sindrom pramenstruasi (PMS).

 Siklus Menstruasi  Normal
Siklus  haid teratur adalah “normal” di antara wanita menstruasi. Masalah siklus  panjang pada menstruasi normal untuk remaja dan wanita di usia 40-an. Untuk remaja, siklus normal bisa sesingkat 21 hari atau selama 45 hari . Jika Anda adalah seorang remaja, Anda dapat mengharapkan siklus bahkan keluar dari waktu ke waktu. Jika telah mendekati usia menopause,  dapat mengharapkan siklus haid menjadi lebih lama dan akhirnya berhenti. Jika  bukan seorang remaja dan tidak lebih tua dari 40 dan siklus lebih pendek dari 21 hari atau lebih lama dari 35 hari, ada kemungkinan bahwa  memiliki masalah yang perlu diperiksa oleh dokter.
Pemeriksaan kesehatan oleh dokter jika adanya  perubahan pola menstruasi atau jumlah perdarahan yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Ini termasuk perdarahan menstruasi, selama tiga atau lebih siklus menstruasi.

Berlangsung lebih  7 hari
Apakah perubahan mendadak atau besar dari periode yang biasa  Sangat banyak. Ini berarti bahwa mengalami  gumpalan besar darah haid atau membasahi pembalut atau pembalut yang biasa setiap jam selama 2 jam atau lebih.

 Perhatikan Gejala lain
Pendarahan di antara periode menstruasi.  Nyeri panggul yang  berlangsung lebih lama dari satu hari.  tidak  bermasalah dengan perdarahan menstruasi. Bila telah menginjak usia 15 tahun dan belum mengalami haid. Harus dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Sumber : penyebab-keputihan[dot]com