Minggu, 14 April 2013

Hati-hati Nyeri Menstruasi yang Berlebihan


Hampir semua wanita mengalami nyeri menstruasi pada sebelum atau saat menstruasi. Apabila nyeri tersebut terlalu berlebihan hingga membuat kita tidak bisa bangun dari tempat tidur, hal tersebut yang harus diwaspadai. Menurut Dr. J.M. Seno Adjie, SpOG (K) nyeri tersebut disebut Dismenore.
Dismenore terbagi menjadi 2 jenis yaitu dismenore primer dan dismenore sekunder. Pada dismenore primer tidak ditemukan kelainan ginekologi, namun nyeri diduga berasal dari kontraksi rahim yang dirangsang oleh prostagladin. Sedangkan pada dismenore sekunder berhubungan dengan kelainan kongenital atau kelainan organ di pelvis, rasa nyeri yang timbul disebabkan karena adanya kelainan seperti endometriosis, mioma uteri, peradangan tuba falopi, perlengketan abnormal antara organ dalam perut dan biasanya terjadi pada usia 20 tahun.

Gejala Dismenore adalah nyeri pada perut bagian bawah, yang bisa menjalar ke punggung bagian bawah dan tungkai. Nyeri dirasakan sebagai kram yang hilang timbul atau sebagian nyeri timbul terus menerus. Biasanya nyeri mulai timbul sesaat sebelum atau selama menstruasi, mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan setelah 2 hari akan menghilang. Dismenore juga sering disertai oleh sakit kepala, mual, sembelit, diare, dan sering berkemih kadang samapai terjadi muntah.
Untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi bisa diberikan obat anti peradangan non-steroid (ibuprofen, naproxen dan asam mefenamat). Selain dengan obat-obatan dapat dikurangi dengan istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, atau kompres hangat di daerah perut. Perlu diketahui bahwa kelainan/gangguan organik di pelvis (seperti endometriosis, mioma, kista hingga kanker serviks) dapat disebabkan oleh senyawa-senyawa toksik seperti DIOKSIN. Dioksin dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan, minuman dan PEMBALUT yang tidak berkualitas.

Natesh adalah pembalut dan Pentyliner terbaik untuk semua wanita, karena terbuat dari bahan berkualitas, bebas dari bahan pemutih (Zat Dioksin), mengandung nano silver untuk membunuh kuman, selain itu terdapat FIR, anion, dan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan organ reproduksi dan mengatasi masalah menstruasi seperti nyeri haid.

Referensi
Majalah Dokter Kita Edisi 7-Thn II-Juli 2007
Medicastore.com
farmasiku.com